Saturday, July 22, 2017

Kontroversi Man Who Dies to Live, Drama Korea Yang Dianggap Melecehkan Agama Islam [+Reaksi Netizens]


Drama baru MBC berjudul Man Who Dies to Live yang rilis tanggal 19 juli lalu membuat murka fans internasional, atau lebih tepatnya masyarakat muslim.Bisa dilihat dari sejumlah adegan di episode perdananya yang dinilai sangat menyinggung agama Islam.

Banyak dari netizen yang menyuarakan kecaman sampai memaksa MBC agar menghentikan penayangan "Man Who Dies to Live" dengan menyepam akun official MBC dengan beragam komentar ditambah hastag #stopmanwhodiestolive baik di twitter maupun di instagram

Sebelum kita membahas seperti apa kontroversi yang dibuat drama ini, kita harus tahu tentang background / seperti apa cerita yang diangkat dalam drama ini. Saya sendiri belum menonton drama ini, jadi saya tulis apa adanya dari berbagai sumber.




Sinopsis Man Who Dies to Live

Drama komedi yang berkisah tentang seorang ayah bernama Jang Dal Goo yang sedang mencari sang anak bernama Lee Ji Young. Namun ia kemudian bertemu dengan dua orang wanita bernama Lee Ji Young. Diceritakan bahwa Jang Dal Goo merupakan seorang raja minyak dari Arab yang terpisah dari sang anak. (Dikutip dari www.kpopchart.net)

Dari sinopsis diatas, drama ini nampak normal kan? Apalagi ada iming-iming genre komedi nya. Lalu bagaimana drama ini membuat kontoversi di kalangan fans internasional?

Jadi... Kontoversi seperti apa yang dibuat drama ini?

Well, nampaknya saya tidak perlu menulis banyak-banyak. Silakan saja kamu lihat gambar-gambar dibawah ini.







Pembelaan Santai MBC terhadap kontroversi ini.

Yap, dan respon MBC menurut saya sangat santai sekali. Mendapat banyak hujatan pun mereka dengan mudahnya bilang bahwa "drama ini hanya fiksi". Berikut ini merupakan kutipan respon MBC yang ditulis di akun instagram official mereka yaitu @withmbc

'죽어야 사는 남자’ 는 가상의 보두안티아국을 배경으로 제작되었으며, 등장 인물, 인명, 지역, 지명 등은 픽션입니다.
이와 관련된 방송 내용으로 불편함을 느낀 시청자분들께 사과 말씀드립니다 . ‘죽어야 사는 남자’ 내용은 아랍 및 이슬람 문화를 희화하거나 악의적으로 왜곡할 의도는 없었습니다.
부적절한 묘사로 심려를 끼쳐 드린 점 사과드립니다.

촬영 과정에서 부족했던 점을 엄밀하게 검증하고 더욱 주의를 기울여 제작에 임하겠습니다.

The drama, “Man Who Dies to Live” is a fictional story based on an imaginary country called ‘Bodoantia.’ Please be advised that all characters, names, places and designation are entirely fictional. MBC has no intention in distorting any particular religion, culture or people and we sincerely apologize for any harm that may have caused to the viewers in regards to the drama.

Once again, there is no intent in offending the values, culture, religion or people of Arabic and Islamic countries. MBC expresses sincere regrets and formal apologies to the viewers who may have been offended watching the drama. Please be assured that MBC will take extreme caution in production from now onwards.

Sorry i cant translate this to Indonesian xD but the point is ..

MBC bilang bahwa drama ini fiksi, jadi nama orang, tempat dan apapun itu merupakan FIKSI. Dan MBC juga bilang bahwa mereka sama sekali tidak memiliki maksud buruk dan mereka meminta maaf sebesar-besarnya terhadap kontroversi yang disebabkan oleh drama ini.

Reaksi Orang Indonesia VS Reaksi Orang Korea VS Reaksi Fans Internasional

Orang Indonesia dan orang Korea ternyata berbeda.Menurut saya reaksi orang indonesia ini termasuk kategori "normal" sementara reaksi orang korea sendiri terkesan santai.

Reaksi Orang Indonesia

Reaksinya beragam, namun kebanyakan menghujat MBC. Berikut akan saya kutip beberapa, karena jika semua saya kutip akan ada lebih dari 1.700 komentar.

meyglenr Aku Kristen,tpi klo di gituin juga pst marah dong ya agamaku dijelekin,tpi mereka yg di korea ada benernya juga sih min,toh mereka di korea masih pada atheis (tidak memiliki agama apapun) tpi punya keyakinan yg mirip2 kek jepang itu lupa namanya😶 maaf ya ngeluarin pendapat pribadi,bukan ngajak war atau gmna,kamsahamnida🙏❤

dnrolaff Fiksi matamu ha-_- pegel dewe mocone

l.larissya ketika agamamu dibuat ulah, se buruk-buruknya kamu pasti akan kecewa dan tersakiti. sbnrnya mrk bisa mikir ga sih HAHAHA . Coba kalau sebaliknya, apa kalian ttp bisa berkata "hanya fiksi", "aku tidak melihat melihat apapun yg menyinggung". makannya mata itu dipake liat bukan untuk denger. kzl hayati

only_fie17 Menurutku sebaiknya jgn memproduksi drama atau film apapun yg bisa menyakiti agama lain walaupun itu hanya fiksi, menghargai dan menghormati agama lain adalah jalan menuju dunia yg lebih baik.

nikenpermatasari13 Mungkin karena dia bukan seorang muslim jadi dia belum terlalu mengerti,walaupun cuman drama tapi ya jangan seperti itu membawa bawa muslim???masih banyak kok ide2 lain yang bisa dibuat drama yang bisa menarik minat orang2..apakah anda tidak marah jika misal keluarga anda yang baik2 aja eh ternyata difilm kan dan dibuat 180 derajat berbeda dengan kenyataan nya walau hanya fiksi belaka..itu hanya pendapat saya bukan mau maksud menghujat atau bagaiman

Reaksi Orang Korea

Di Korea sendiri, kontroversi "Man Who Dies to Live" tak begitu disorot. Hanya beberapa artikel membahas masalah tersebut. Bahkan netter Korea menanggapi kecaman fans internasional dengan santai. 

Seperti komentar-komentar di artikel terkait yang diposting lewat Daum ini. . 

"It's just a drama. It's just fiction. Why are you offended"...— Netizentown (@Netizentown) July 21, 2017 

"Ini kan cuma drama. Cuma fiksi. Kenapa kalian tersinggung?" komentar netter. 

"Menyinggung apanya? Namanya juga drama cuma fiksi," tambah netter lain. 

"Aku tidak melihat apapun yang menyinggung," pungkas lainnya. .

Dikutip dari wowkeren.com

Reaksi Fans International

Saya kutip dari komentar di Allkpop. Klik ini untuk melihatnya lebih lanjut. Untuk menjaga originalitas, saya kutip langsung tanpa saya translate. Jadi semua komentarnya dalam bahasa inggris.

Cyan Bottle Opener

I'm muslim, I find most of these completely fine. But when it comes to them wearing hijabs in bikinis him drinking wine, or other things like that, its just ridiculous. What makes people mad is that it is not representing the muslim religion correctly. They should've studied more before making the drama.

Chillz

I am not muslim or neither am I from the middle east but I really don't think this is right. I have never seen anyone wearing a hijab with a bikini! I think there is so much disrespect going on in the drama regarding the culture and religion.











Rasisme dan Diskriminasi Orang Korea Terhadap Muslim

Oke, saya akan melanjutkan point Reaksi Orang Korea yang terkesan santai itu. Pertama-tama, saya yakin, dan pasti, gak semua orang korea itu rasis dan suka mendiskriminasi. Tapi pasti ada yang melakukannya. Berikut adalah pengalaman wanita Uzbekhistan selama 9 tahunnya hidup di Korea


Jadi bagaimana pendapatmu tentang masalah drama ini? Tuliskan di komentar ya.

Dan jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu..

Cheers
Disqus Comments